Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Tuesday, April 12, 2011

Membuat Game Pawn Fighter Menggunakan Strowbery Prolog


INITIAL STATE :
            Game Pawn fighter ini merupakan game yang terkonsep dari permainan catur, namun bedanya pada game ini hanya menggunakan pion saja. Initial State yang menjadi dasar pada pembuatan program game Pawn fighter adalah pembuatan papan permainan yang merupakan bagian terpenting. papan permainan yang digunakan terkonsep dari papan catur, papan yang dibuat terdiri dari beberapa kotak kecil yang memiliki 2 (dua) warna yaitu coklat dan abu-abu. Papan yang digambarkan merupakan gambar 2 (dua) dimensi yang berukuran 5x5, jadi pada satu papan terdiri dari 25 kotak kecil. Kemudian dibuat suatu image pion yang digunakan untuk bermain. Untuk pemain (user) digunakan  pion berwarna putih dan untuk komputer menggunakan pion berwarna biru.
RULE :
            Aturan main (Rule) yang digunakan pada game Pawn fighter ini adalah sebagai berikut:
1.      Permainan dilakukan secara bergantian, User memulai permainannya terlebih dahulu dengan cara menjalankan pion ke arah depan sebanyak satu kotak kedepan, setelah itu giliran pion komputer yang jalan dengan aturan yang sama.
2.      Pion akan mempunyai aturan langkah baru yaitu melangkah secara diagonal kedepan sebanyak satu kotak, dengan catatan pada kotak diagonal tersebut terdapat pion lawan, hal ini berlaku untuk pion user maupun pion komputer.
3.      Komputer diberi pengetahuan untuk dapat memakan pion lawan untuk memenangkan game ini (menghabisi pion user) .
4.      Komputer diberi pengetahuan untuk dapat menjalankan pion sesuai dengan aturan yang ada untuk mencapai tujuan.
GOAL:
            Goal atau tujuan untuk menyelesaikan games Pawn fighter ini adalah menghabiskan pion lawan sehingga jumlah pion user lebih banyak dari pion komputer. berikut ini adalah salah satu bentuk goal yang terjadi.




Pada gambar diatas pion biru merupakan pion komputer sedangkan pion hitam merupakan pion User (pada yang sebenarnya pion user berwarna putih). Dari gambar pion user jumlahnya lebih banyak dari pion komputer dan pion komputer telah mati langkah, maka permainan berakhir dan dimenangkan oleh user.



SOLUSI :
            Pada pembuatan Game ini, komputer dengan pion biru dan user dengan pion putih dapat membuat sebuah goal. Berikut ini adalah posisi dari pion dan langkahnya :
Pada game ini merupakan game 2 dimensi, sehingga menggunakan koordinat x dan y (x,y) dalam pembuatan papannya. Dibawah ini adalh gambar simulasinya.
 



Posisi awal pion user adalah
(x0,y0), (x0,y1), (x1,y0), (x1,y1), (x2,y0), (x2, y1), (x3,y0), (x3,y1), (x4,y0), (x4,y1)
Posisi awal pion komputer adalah
(x0,y3), (x0,y4), (x1,y3), (x1,y4), (x2,y3), (x2, y4), (x3,y3), (x3,y4), (x4,y3), (x4,y4)
Berikut ini adalah gambaran posisi awal dari koordinat diatas.

Keterangan :
·         Pion Hitam      : Pion User (mewakili Pion putih).
·         Pion Biru         : Pion Komputer (mewakili pion biru).
Solusi Langkah Pion User (pion putih). Pion User memiliki solusi langkah yaitu (x, y +1), jadi x bernilai tetap sedangkan nilai y bertambah 1.
           
Keterangan :
Kotak hijau merupakan (x, y+1) atau tempat yang diperbolehkan untuk pion berpindah.
            Pion user juga memiliki solusi langkah yang lain, yaitu (x+1, y+1) atau (x-1, y+1), solusi langkah ini dapat terjadi pada kondisi posisi (x+1, y+1) atau (x-1, y+1) terdapat pion lawan.

Keterangan :
·         Kotak hijau adalah (x+1, y+1) dan (x-1, y+1) yaitu posisi tempat yang diperbolehkan untuk pion user melangkah
·         pion biru ( pion komputer ).
·         Pion Hitam mewakili pion putih ( pion User ).

Solusi Langkah Pion Komputer (pion biru).
            Pada pion komputer solusi langkahnya adalah (x, y -1), jadi nilai x bernilai tetap sedangkan nilai y berkurang 1. Jika digambarkan adalah sebagai berikut.

Keterangan :
Kotak hijau adalah tempat yang diperbolehkan komputer untuk melangkah, yaitu (x, y-1).
            Pion komputer juga memiliki solusi langkah yang lain, yaitu (x+1, y-1) atau (x-1, y-1), Solusi ini terjadi jika pada posisi (x+1, y-1) atau (x-1, y-1) terdapat pion User.

Keterangan :
·         Kotak hijau adalah (x-1, y-1) dan (x+1, y-1) yaitu posisi tempat yang diperbolehkan untuk pion komputer melangkah
·          Pion biru ( pion komputer ).
·         Pion Hitam mewakili pion putih ( pion User ).

Instalasi Strawberry Prolog:
            Strawberry Prolog (Program Logic) yaitu sebuah bahasa pemrograman logika yang merupakan object oriented language. Pada prolog ini tidak terdapat prosedur, hanya terdapat kumpulan data yang akan diolah. Untuk menggunakan strawberry prolog tidak dilakukan instalasi. Programmer dapat meng-unduhnya secara gratis di website resminya, jika selesai melakukan pengunduhan, maka akan diperoleh suatu folder strowbery prolog, didalam folder tersebut terdapat file aplication dengan icon strowbery, klik file tersebut, maka otomatis lembar kerja strowbery prolog akan terbuka. Perhatikan gambar dibawah ini.

Untuk membuat project baru pilih pada menu bar FILE → New, dan akan tampil seperti berikut.

Setelah itu pilih Strowberry project, klik OK. Dan akan tampil seperti dibawah ini.
Pada gambar diatas terdapat kolom Untitled project 1, dikolom tersebutlah kita menuliskan script strawberry prolog yang akan dibuat. Masukan scripnya kemudian save dengan nama Pawn fighter. Maka hasilnya akan seperti ini.

Untuk menjalankan games-nya dapat menggunakan shortcut F5. Atau pada menu bar pilih RUN → RUN.
hasil outputnya adalah sebagai berikut
Berikut ini adalah script nya, silakan jalankan di strowbery prolog, klik disini untuk download selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment