Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Thursday, April 22, 2010

Senandung Game Catur

           Memainkan catur memang sangat menyenangkan, namun juga sangat menjenuhkan, kita dapat mengatur strategi dalam mengalahkan musuh, dapat dikatakan catur merupakan suatu simulasi perperangan. Permainan ini ada sejak lama, yang menciptakan permainan catur pun tidak ada yang tahu, mungkin jika ada orang yang terbukti sebagai
pencipta permainan catur, orang tersebut akan menjadi orang terkaya didunia karena royalti dari permainan catur hehehehehe..
                Dari pada mimpi jadi pencipta catur lebih baik kita bikin suatu game catur dengan menggunakan bahasa pemrograman yang kita kuasai tentunya. Game catur ini sangat sulit, kata dosen saya, jika kita mampu membuat suatu game catur, maka untuk membuat game-game yang lain akan mudah, karena game ini merupakan game yang pembuatannya sangat sulit.
                Untuk membuat game catur tentunya kita harus mengerti permainan catur sungguhan, jika tidak mengerti, sampai kapan pun kita tidak akan dapat membuat game tersebut, karena tidak tahu algoritmanya.  Banyak sekali algoritma yang harus dipecahkan dalam permainan ini, seperti langkah pion, benteng, gajah, kuda, raja dan mentri.  Dari semua itu algoritma yang paling sulit adalah menentukan langkah kuda, langkah kuda ini sangat unik, karena langkahnya berbentuk huruf L. Pada langkah kuda ternyata ada hal yang unik, jadi dengan langkah kuda saja kita dapat melewati semua kotak yang ada pada papan tepat satu kali dan semuia kotak akan dilewati kuda tersebut. Langkah kuda tersebut biasa disebut knight tour.
                Apa yang dikatakan dosen saya mengenai sulitnya membuat game catur memang terbukti, karena saya mencoba membuat game catur, namun sampai sekarang game tersebut belum selesai juga, hehehehe, entah memang game tersebut yang sulit atau memang otak saya yang ngga kuat, tp yang pasti lebih baik kita mencoba untuk menjadi bisa.

No comments:

Post a Comment