Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Sunday, April 18, 2010

Open GL, menggerakkan objek melalui keyboard


Open GL (Open Graphics Library) merupakan suatu library yang digunakan untuk suatu pemrograman graphic. pemrograman ini biasanya digunakan untuk pembuatan game, baik itu game 2D maupun Game 3D. Berikut ini adalah contoh pemrograman Open GL yang menggunakan keyboard sebagai alat input gerak suatu objek,,, ok langsung aja...

file CPP dan DOC ada disini 
kETERANGAN: Untuk menjalankan objek menggunakan tombol A,S,D dan W
LISTING PROGRAM
#include
#include
#include

void init(void);
void keyboard(unsigned char, int, int);
void display(void);

int main (int argc, char **argv)
{
      glutInit(&argc, argv);        /*Untuk menginisialisasi modus display */
      glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB); /*Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered
dengan warna RGB. */

      glutInitWindowSize(400, 400);       /* pengaturan besar form*/
      glutInitWindowPosition(500, 100);   /* pengaturan letak form pada windows*/
      glutCreateWindow("Tugas Grafkom (agus soetanto) 50407054 (3ia07");      /*nama form*/

      init();
      glutDisplayFunc(display);
      glutKeyboardFunc(keyboard);
      glutMainLoop();
      return 0;
}
void init(void)
{
      glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);         /*warna background*/
      glColor3f(0.0, 0.0, 1.0);                 /*warna foreground-biru*/
      glMatrixMode(GL_PROJECTION);              /* inisialisali matriks*/
      glLoadIdentity();/*memanggil matriks identitas dan dijadikan status matriks (proyeksi) saat ini*/
      glOrtho(-20.0, 20.0, -20.0, 20.0, -20.0, 20.0);/*pembuatan kotak untuk menggambar objek*/
}

void display(void)
{

      glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);/*menghapus window dan memberi warna yang telah kita definisikan sebelumnya
dengan menggunakan glClearColor */

      glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);/*penggambaran persegi*/
      glutSwapBuffers();/*menukar bagian belakan buffer menjadi buffer layar */
}
void keyboard(unsigned char key, int x, int y)
{
      /* kontrol tombol pada keyboard:
     
        "a": kiri
       
        "d": kanan
        "w": atas
        "s": bawah
       
      */
      switch (key)
      {
      case 'a':
      case 'A':
            glTranslatef(-5.0, 0.0, 0.0);
            break;
      case 'd':
      case 'D':
            glTranslatef(5.0, 0.0, 0.0);
            break;

case 'w':
      case 'W':
            glTranslatef(0.0, 5.0, 0.0);
            break;
      case 's':
      case 'S':
            glTranslatef(0.0, -5.0, 0.0);
            break;
      }
      display();}

 file CPP dan DOC ada disini 
output program
kETERANGAN: Untuk menjalankan objek menggunakan tombol A,S,D dan W


No comments:

Post a Comment